Ilham - Call / WA +6281267 45797...........

  7 Tempat Wisata Sejarah dan Edukasi Paling Populer di Bukittinggi

Pesona SAJUTA JANJANG Lereng Singgalang - Bukan Jurnal - YouTube
 
Janjang Sajuta Sumbar – Winny Marlina
Janjang Sajuta


Objek wisata di Bukittinggi memiliki ciri khas tersendiri yang menjadi daya tarik, salah satunya sebagai tempat wisata sejarah dan edukasi. Apabila Anda ingin mendapatkan liburan yang berkualitas dan menyenangkan bersama keluarga, mengunjungi tempat wisata sejarah dan edukasi paling populer di Bukttinggi bisa menjadi pilihan. Di tempat wisata sejarah dan edukasi paling populer di Bukttinggi ini Anda bisa menikmati suasana sekitar sembari menambah pengetahuan sejarah mengenai destinasi wisata tersebut. Dikutip Harianhaluan.com dari Andalastourism, berikut tujuh tempat wisata sejarah dan edukasi paling populer di Bukittinggi, yang mana nomor empat mirip dengan tembok China.

 

1. Taman Monumen Bung Hatta

Taman Monumen Proklamator Bung Hatta Di Malam Hari || DFF SUMBAR 2021#15 -  YouTube

Taman Monumen Bung Hatta merupakan salah satu tempat wisata sejarah dan edukasi paling populer di Bukittinggi. Dari pusat kota, Anda menuju ke Istana Bung Hatta, letak Taman Monumen Bung Hatta berada tepat di sebelah bangunan sejarah tersebut. Lebih tepatnya lagi, posisi Taman Monumen Bung Hatta ini persis di depan pertigaan gedung DPRPD Kota Bukittingi. Di pintu masuk anda bisa menjumpai papan nama yang colorfull. Biasanya, spot ini menarik minat pengunjung yang ingin berswafoto karena di baliknya terdapat taman mini yang ditumbuhi bunga yang tertata rapi. Ciri khas dari taman ini yakni keberadaan Patung Perunggu Bung Hatta, yang berdiri tegak dengan peci dan berkaca mata. Ukuran patung tersebut kira-kira dua kali tinggi orang dewasa dan menjadi ikon wisata Bukittingi, yang mana pada bagian bawah monumen terdapat prasasti yang terbuat dari keramik. Pada bagian dalam prasasti ini terdapat beberapa pesan Bung Hatta yang mampu membakar semangat.

 

2. Museum Rumah Bung Hatta

Menyusur Kenangan di RKBH (Rumah Kelahiran Bung Hatta) - Balai Pelestarian  Cagar Budaya Sumatera Barat

Bung Hatta merupakan salah satu wakil presiden Indonesia yang sangat berpengaruh untuk bangsa ini karena perjuangannya sangat besar, khususnya melawan penjajah dalam meraih kemerdekaan. Tak ayal, museum Rumah Bung Hatta ini menjadi perburuan masyarakat di berbagai daerah karena diresmikan menjadi objek wisata.Anda bebas menjelajahi museum yang luasnya 1000 m2 yang menampilkan kebudayaan seni, budaya Bukittinggi. Menariknya lagi, museum tersebut sering dikunjungi oleh jajaran pendidikan sebagai ujuan wisata edukasi atau study tour baik anak TK, SD, SMP, SMA maupun perguruan tinggi karena memberikan adukasi yang kompleks dan maksimal.

 

3. Istana Bung Hatta

Istana Bung Hatta di Bukittinggi | Atourin

Bangunan bersejarah ini dikenal dengan sebutan Gedung Negara Tri Raga, letaknya tepat di depan taman Jam Gadang. Pada masa pemerintahan Jepang, gedung yang saat ini sebagai tempat wisata sejarah dan edukasi tersebut dimanfaatkan untuk kediaman Panglima Pertahanan Jepang.Kemudian, pada 1947 digunakan untuk Pusat Pemerintahan Darurat RI kaerena bagian halaman depan cukup luas dan memiliki dua bangunan utama. Arsitektur gedung didominasi oleh ciri khas bangunan kolonial, dengan 12 ruang kamar yang luas. Bangunan pertama berupa rumah gadang, sedangkan bangunan kedua berbentuk rumah yang memanjang. Lali, pada bagian depan dan samping istana terdapat patung Bung Hatta, bedanya di samping tingginya sekitar 2 meter. Sekarang Istana Bung Hatta berfungsi sebagai tempat seminar dan wisata sejarah.


4. Taman Margasatwa Budaya Kinantan

7 Objek Wisata Selalu Ramai Pas Lebaran Idul Fitri di Sumatera Barat, Nomor  2 jadi Langganan - Kupas Online

Tempat wisata sejarah dan edukasi Taman Margasatwa ini menjadi incaran wisata mayoritas orang karena menyuguhkan berbagai hal. Selain menyuguhkan beragam jenis hewan, juga menyuguhkan edukasi kebudayaan daerah setempat guna menambah wawasan dan sangat cocok bagi para pelajar. Di sini, Anda bakal dapat mengetahui kebudayaan, khususnya kebudayaan Kinantan yang membuat banyak orang penasaran. Menariknya lagi saat baru menjajakan kaki, pengunjung akan disambut dengan kandang gajah dan kemudian rumah adat Baanjuang. Perlu diketahui, rumah adat tersebut menyimpan berbagai budaya Minangkabau sehingga memberikan edukasi yang lengkap bagi pengunjung.


5 Lembah Ngarai Sianok

Wisata Ngarai Sianok: Lokasi, Harga Tiket, dan Daya Tarik

Siapa sangka, objek wisata lembah Ngarai Sianok terbentuk akibat gempa bumi yang terbentuk menjadi lembah, sehingga sejarah terjadinya sangat menarik untuk diulas. Anda bisa menambah wawasan dengan mengunjungi tempat wisata sejarah dan edukasi ini karena peristiwa bencana alam bisa membentuk objek wisata menarik. Menariknya lagi, lembah tersebut sangat luas, yaitu terbentang Nagari Sianok enak suku utara sampai ke Nagari kota Gadang sisi selatan Tempat wisata tersebut cocok untuk menghilangkan kepenatan karena sangat sejuk dan masih alami, bahkan menjadi spot selfy yang instargamable.

 

6. The Great Wall Of Koto Gadang

Miniatur The Great Wall China Ada di Bukittinggi Sumatera Barat : Okezone  Travel

Tempat wisata sejarah dan edukasi paling populer di Bukittingi selanjutnya yakni The Great Wall Of Koto Gadang. Objek wisata tersebut merupakan bagian dari Janjang Saribu. Namun, seiring berjalannya waktu, membuat pemerintah membuat tembok besar dengan nama yang unik. Tujuannya yakni agar pengunjung penasaran karena menghubungkan kota Bukittinggi dan Goa Jepang di pintu 3. Tak ayal seiring berjalannya waktu selalu ramai dikunjungi karena memiliki keunikan tersendiri.

 

7. Museum Tridaya Eka Dharma

Wisata Sejarah I Objek Wisata di Bukittinggi I Hp 085278205007

Bagi anda yang ingin berwisata sejarah di Bukittingi, maka museum ini bisa anda kunjungi. Di Museum Tridaya Eka Dharma, ada banyak koleksi yang berhubungan dengan zaman penjajahan Belanda dan Jepang. Adapun delapan koleksi di antaranya yang sering menjadi spot foto favorit bagi para wisatawan berupa pesawat terbang AT 16 Harvard yang diterima dari Militer Belanda pada tahun 1950. Selain itu, ada pula koleksi senjata tradisional dan modern, seperti pedang milik Datuk Putih saat perang Paderi. Selain itu, Anda juga bisa melihat Maket Situjuah yang menggambarkan situasi pengepungan oleh Belanda saat Peristiwa Situjuah.Tidak ketinggalan juga relief di dinding bagian depan museum, yang menceritakan perjuangan rakyat Sumbar dan Riau dari sebelum kemerdekaan hingga orde baru.***

 

 
 

Ikon Komputer, Simbol, Jari Telunjuk gambar png



Berkas:WhatsApp logo-color-vertical.svg - Wikipedia bahasa Indonesia,  ensiklopedia bebas    Instagram Logo Vectors Free Download    Facebook Logos PNG images free download    logo twitter – HIMAFIS UB    Logo Messenger realistic icon on transparent PNG - Similar PNG    Kumpulan Gambar Logo YouTube Lengkap - 5minvideo.id